Irit Membeli Pakaian Baru

1. Sebelum membeli pakaian baru, pikir betul, apakah Kamu sangatlah memerlukannya atau hanya tergiur warnanya yang cantik?

2. Apakah Kamu tidak bisa menantikan atau bersabar hingga ada "sale" atau obralan supaya memperoleh pakaian terjangkau.

3. Pertimbangkan masak-masak, apakah pakaian yang bakal dibeli tren modelnya hanya bakal bersi kukuh sebentar saja?

4. Sebelum memutuskan membeli, perhitungkan masak-masak, memperoleh pakaian terjangkau dengan membeli yang siap pakai atau menjahit sendiri atau menjahitkan ke orang lain.

5. Saat hendak membeli rok atau blus, ingat-ingat, apakah Kamu telah mempunyai padanannya yang pas jadi tidak butuh wajib membeli rok/celana/blus lagi. Sedapat mungkin, beli pakaian yang bisa dipadu-padankan dengan mudah.

6. Supaya lebih irit, belilah pakaian yang mudah perawatannya dalam pengertian tidak butuh wajib dibawa ke laundry saat hendak dicuci.

7. Supaya pakaian bersi kukuh lebih lama, jagalah rutin supaya tetap bersih serta rawat dengan bak sesuai petunjuk.

8. Jangan membeli pakaian berlebihan untuk anak, tunggu hingga ia besar. Ingat, tubuh anak cepat sekali berubah sebab ia tetap dalam masa pertumbuhan.

9. Beli pakaian di toko pakaian dengan ukuran satu atau dua nomor lebih besar supaya bisa digunakan lebih lama.

10. Ajarkan anak untuk memelihara pakaiannya.

11. Sumbangkan pakaian bekas yang tetap pantas pakai ke badan sosial atau mereka yang memerlukan.

12. Simpan pakaian anak yang telah kekecilan untuk diturunkan ke sang adik.

13. Hindari pengeluaran untuk dry cleaning. Tidak sedikit noda pada pakaian yang bisa dihilangkan dengan cairan pembersih khusus.

14. Apabila sedang ada obralan di toko pakaian, gunakan peluang untuk menyetok pakaian dalam, pakaian tidur, kaus kaki, serta lainnya.

15. Jangan meluangkan waktu terlalu lama di toko tempat jual pakaian. Jangan-jangan Kamu bakal terbujuk untuk membeli barang yang sebetulnya tidak diperlukan.

16. Belajarlah untuk menolak penawaran di tempat jual pakaian saat Kamu tidak tahu persis apa yang diharapkan.

17. Ingat, harga yang mahal belum pasti bernilai.

18. Bila berangkat berbelanja, rencanakan apa yang ingin dibeli serta berusaha memusatkan perhatian pada apa yang telah direncanakan. Bila tidak menemukan apa yang Kamu inginkan, pulang saja.

19. Jangan membeli pakaian hanya sebab setiap orang mengenakan model baju tersebut. Tidak hanya buang-buang uang, belum pasti tepat buat Anda.
Label:
edit